Wednesday 1 February 2012


Harry Potter adalah sosok yang fenomenal. Tokoh protagonis kreasi J.K. Rawling ini hingga hari ini telah menawan banyak hati pembaca dan penonton filmnya. Tahun 2010 ini, seri ketujuh novel Harry Potter yg telah difilmkan berjudul "Harry Potter & The Deathly Hollows Part 1" telah dirilis, dan mendapatkan respon yang sangat luar biasa. Ini membuktikan bahwa Harry Potter merupakan sosok yg luar biasa dasyat karena memiliki basis penggemar fanatik yang sangat banyak.
Menyambut pemutaran film tersebut, berikut ini adalah sekumpulan potongan berita-berita unik yang berhubungan dengan Harry Potter. Mungkin sebagian sudah Anda ketahui.Tapi ga ada salahnya membacanya kembali.....



MAKAM HARRY POTTER
Benarkah Harry Potter telah meninggal? Ya, dia telah meninggal tahun 1939 lalu di usia 19 tahun. Anda bisa menemukan makamnya di Israel. HAH? Hehehe.... jangan kaget dulu. Harry Potter yang dimakamkan di makam di kota Ramle, Israel, itu bukanlah Harry Potter si Tukang Sihir, melainkan seorang Prajurit bernama Harry Potter. Prajurit ini adalah tentara Kerajaan Inggris yang tewas dalam perang Israel di tahun 1939. Prajurit ini tidak memiliki kemampuan apapun seperti Harry Potter kreasi J.K. Rawling. Hanya namanya saja yang sama. Akibatnya, banyak orang datang mengunjungi makam itu. Kebanyakan hanya penasaran saja. Makam Harry Potter sudah mulai dikunjungi oleh para turis sejak lima tahun silam, dan menjadi salah satu daya tarik pariwisata di kota Israel. Bahkan ada beberapa Travel Agency yang menjual Paket Wisata Ziarah ke Makam Harry Potter. Anda berminat?


BURUNG HANTU HAMPIR PUNAH GARA-GARA HARRY POTTER? 
Menurut sebuah surat kabar di India, populasi burung hantu di India beberapa tahun ini terus menurun. Penyebabnya tidak lain adalah gara-gara Harry Potter. Menurut Menteri Lingkungan Hidup India - Jairam Ramesh - sejak Harry Potter menjadi sangat populer di dunia, banyak orang yang menyukai karakter ini, terutama sekali burung hantu kesayangannya yang bernama Hedwig. Akibatnya, banyak orang melakukan pemburuan burung hantu di seluruh dunia. Dan salah satu negara dengan populasi burung hantu terbanyak adalah di India. Dengan semakin menurunnya populasi burung hantu di India, dikuatirkan akan mengganggu ekosistem dan menyebabkan populasi hewan pengerat akan bertambah banyak, dan mengancam pertanian di India.


ASAL MULA NAMA HEDWIG 
Hedwig adalah nama burung hantu peliharaan Harry Potter. Nama Hedwig berasal dari nama 2 Santa Ternama di masa lalu, yaitu :
1. Santa Hedwig of Andechs (1174 - 1243) :
Dia adalah Ratu yang terkenal dengan sikap rendah hatinya.


2. Santa Hedwig (1373 - 1399)
Dia adalah Ratu Polandia yang terkenal arif bijaksana.

Kematian Hedwig di seri Harry Potter & The Deathly Hollows merupakan gambaran perubahan dan transformasi Harry Potter dari anak-anak yang lugu menjadi remaja yang mandiri dan dewasa.

BENARKAH SEMUA KARAKTER DI NOVEL HARRY POTTER ADALAH REKAAN? 
Anda tentu berpikir kalo semua karakter dalam novel Harry Potter adalah rekaan. Tapi tahukah Anda kalo ada 1 karakter di novel Harry Potter yang benar-benar penjelmaan dari orang sesungguhnya? Yep,dialah Natalie McDonald. Karakter ini muncul di halaman 159 novel Harry Potter and The Goblet of Fire. Gadis berusia 9 tahun ini berasal dari Toronto, Canada, dan saat itu sedang menderita leukemia akut. Saat itu dia telah membaca Harry Potter & The Prisoner of Azkaban, lalu menulis surat pada JK Rawing dan menanyakan apa yang akan terjadi pada Harry Potter selanjutnya,karena dia sudah tidak punya banyak waktu untuk mengetahui kelanjutan cerita itu. Ketika Rawling menjawab e-mail anak malang itu, Natalie telah meninggal. Terharu dengan perjuangan Natalie yg melawan penyakit mematikan itu, Rawling akhirnya memasukkan nama Natalie ke dalam novel Harry Potter keempatnya itu. Dalam novel itu, Natalie digambarkan sebagai murid baru di Sekolah Hogwarts yang dipilih Topi Pemilih (Sorting Hat) ke kelas Gryffindor. Saat mengunjungi Canada untuk melakukan tur promosi buku keempatnya, Rawling menyempatkan diri untuk mengunjungi keluarga McDonald dan memberikan novel keempatnya (lengkap dengan tanda tangannya) kepada kedua orang tua Natalie.



MAKNA WARNA DI DUNIA HARRY POTTER 
Jarang sekali ada orang yang memperhatikan warna yang digunakan oleh JK Rawling saat menulis novel Harry Potter, padahal warna-warna itu berperan sangat penting.
Warna Merah adalah warna yang mungkin sangat signifikan dan sering digunakan dalam berbagai kesempatan. Warna tersebut melambangkan kebaikan, dan digunakan sebagai warna dasar jubah Gryffindor, tinta yang digunakan Harry Potter, dan Kereta Hogwarts Express Train. Keluarga Weasley juga digambarkan berambut merah dan rumah mereka beratap merah.
Warna Hijau melambangkan hal-hal negatif. Hal ini ditampilkan saat Harry masih bayi, dia melihat kilatan hijau ketika orang tuanya meninggal. Warna hijau juga digunakan sebagai kutukan, yang membuat Ron termuntah-muntah.



ASAL MULA QUIDDITCH 
Permainan bola Quidditch sebenarnya berasal dari permainan Ikarosfairke atau "Ikarus Ball", yang merupakan permainan yang dimainkan oleh Icarus - tokoh mitos dari legenda Yunani - yang bermain hingga terlalu dekat dengan matahari, sehingga sayapnya meleleh dan dia jatuh tenggelam ke lautan.


MANTRA YANG MEMBUNUH ORANG TUA HARRY POTTER 
Mantra yang digunakan Voldemort untuk membunuh orang tua Harry Potter adalah "Avada Kedavra", berasal dari bahasa Aram, yaitu Abhadda Kedhabhra yang berarti "menghilanglah seperti kata ini". Kata ini sebenarnya digunakan oleh para dukun di masa lalu untuk "mengusir" penyakit, namun tidak pernah digunakan untuk membunuh orang. Kata ini sekarang digunakan oleh para pesulap sebagai "kata sihir" utk mendukung performan mereka di panggung, yaitu "Abrakadabra".

NAMA LENGKAP PROFESOR DUMBLEDORE

Jika Anda penggemar fanatik Harry Potter, tentu tahu dong siapa nama lengkap Profesor Dumbledore? Yep, nama lengkapnya adalah Albus Wulfric Percival Brian Dumbledore. Dumbledore berasal dari kata Inggris Kuno yang berarti "suara lebah" (bumblebee). Albus adalah bahasa Latin untuk "Putih" dan Wulfric adalah nama seorang Santo abad 20 yang dikenal sebagai Bapak Para Gelandangan. Percival adalah nama Ksatria Raja Artur yang berarti "berkemampuan untuk hidup setelah mati". Sedangkan Brian berasal dari kata Celtic yang berarti "Kuat".
Penamaan Dumbledore bukan tanpa alasan. JK Rawling menggambarkan Dumbledore sebagai seorang profesor yang sangat menyukai keindahan dan musik. Dalam bayangan JK Rawling, Dumbledore adalah orang yang senang mencipta musik. Sakin senangnya dengan musik, sambil berjalanpun dia akan bersenandung. Dan suara senandungnya seperti suara lebah. 



Usia Profesor Dumbledore saat meninggal adalah 150 tahun. 

LATAR BELAKANG THE DEATH EATERS
The Death Eaters pada awalnya diperkenalkan sebagai Ksatria Walpurgis (The Knights of Walpurgis). Sebenarnya nama itu berasal dari "Walpurgis Night", sebuah perayaan tukang sihir yang diadakan setiap tanggal 30 April - tepat 6 bulan setelah Halloween. Pada hari itu, diyakini bahwa setan dan tukang sihir mendapatkan kesempatan keluar dari neraka. Walpurgis sendiri berasal dari SantaWalpuriga, seorang biarawati yang hidup di tahun 710-779 Setelah Masehi.


LATAR BELAKANG SEKOLAH HOGWART 
Walau sudah menjadi "rahasia umum" bagi penggemar Harry Potter, namun tidak ada salahnya saya menuliskannya kembali. Hogwart adalah sekolah sihir yang didirinkan 1,000 tahun silam oleh Godric Gryffindor (dilambangkan dengan Api/ Singa), Salazar Slytherin (Air / Ular), Helga Hufflepuff (Tanah / Musang), dan Rowena Ravenclaw (Air / Gagak).
Hogwart terletak di sebuah tempat di Skotlandia dan lokasinya dilingkupi beragam mantera yang membuat manusia biasa tidak bisa melihatnya (kalau pun terlihat, maka bentuknya hanyalah sebuah reruntuhan rumah tua).
Motto Sekolah Hogwart adalah Draco dormiens nunquam titillandus, bahasa latin yang berarti "Jangan Mengganggu /Mengelitik Naga yg Sedang Tertidur".
Adapun Ranking kelas di sekolah Hogwart adalah (dari yg tertinggi hingga yg rendah) : Outstanding, Exceeds Expectations, dan Acceptable. Sedangkan ranking paling rendah dan dianggap gagal / tidak dapat naik kelas adalah (dari yg rendah hingga yang terendah) : Poor, Dreadful, dan Troll.  


HAL MENARIK TENTANG KELUARGA WEASLEY
Ron Weasley adalah salah satu karakter yang cukup disukai banyak pembaca dan penonton Harry Potter. Dan tidak banyak yang tahu kalo banyak hal menarik dari Keluarga Weasley ini. Berikut adalah beberapa di antaranya (yg tidak ditulis secara implisit di semua seri Harry Potter) :
a. Si Kembar Fred dan George Weasley lahir tanggal 1 April.
b. Keturunan Keluarga Weasley semuanya pria. Ini sudah berlangsung beberapa generasi hingga akhirnya di generasi sekarang mereka mendapatkan anak perempuan yaitu Ginny Weasley. Nama depannya adalah Ginevra.
c. Arthur Weasley punya dua orang saudara laki-laki.
d. Sebelum menikah, nama Molly Weasley adalah Prewett.
e. Sepupu Weasley yang diceritakan di awal-awal novel Harry Potter bernama Mafalda, dan dia adalah seorang Slytherin.

SIAPAKAH LORD VOLDEMORT? 
Nama aslinya Tom Marvolo Riddle, keturunan terakhir dari penyihir Salazar Slytherin. Voldemort adalah penyihir yang sangat kuat, membuat penyihir lain begitu ketakutan padanya. Sakin takutnya, mereka tidak berani menyebut namanya langsung, hanya menyebutnya "You-Know-Who" dan "He-Who-Must-Not-Be-Named". Sementara para pengikutnya menyebut dirinya dengan sebutan "The Dark Lord".
Voldemort adalah orang yang haus akan kekuasaan dan sedikit psikopat. Karena percaya dirinya sangat kuat, maka dia menghendaki orang lain memanggilkan dengan sebutan Lord Voldemort. Ketakutan terbesar Voldemort adalah kematian, karena itulah dia berusaha melenyapkan semua hal yang dapat membuatnya mati, termasuk membunuh keluarga Harry Potter. Hal ini dilakukannya karena menurut ramalan, Harry Potter adalah orang yang dapat membunuhnya.
Voldemort dapat membaca pikiran, dan dapat terbang tanpa bantuan. Dia mampu berbicara dengan siapapun, walau tidak berada di tempat yang sama dengan orang yang diajaknya berbicara. Tongkat sihir Voldemort terbuat dari batang pohon cemara yg bagian luarnya beracun.
Di masa mudanya, Voldemort adalah pria tampan, sebelum akhirnya berubah menjadi monster berkulit pucat, berwajah tengkorak dan bertubuh seperti ular, setelah mempelajari berbagai ilmu sihir untuk menjadi penyihir terbaik di dunia.



APA HUBUNGAN HARRY POTTER & THE LORD OF THE RINGS? 
Sebenarnya tidak ada hubungan banget sih antara JK Rawling dengan JRR Tolkien. Hanya saja, jika Anda jeli menonton film Harry Potter and The Chamber of Secrets, maka Anda akan melihat kalau di Ruang Profesor Dumbledore terdapat lukisan Gandaft the Grey di jajaran koleksi lukisan Penyihir Terhebat sepanjang masa milik sang profesor.

AKANKAH JK RAWLING MEMBUAT HARRY POTTER 8? 
Harry Potter ke-7 (HP & The Deathly Hollows) sudah dipastikan adalah novel terakhir dan penutup dari serangkaian cerita panjang serial Harry Potter. Banyak penggemar yang berspekulasi kalau JK Rawling akan membuat Harry Potter ke-8. Menurut kabar yang saya peroleh, JK Rawling sudah memastikan untuk tidak akan lagi melanjutkan Harry Potter. Kalau pun dia menulis Harry Potter ke-8, isi buku itu hanyalah kumpulan ensiklopedia mengenai dunia sihir Harry Potter yang menjadi latar belakang dari keseluruhan kisah Harry Potter.


http://theextreme-facts.blogspot.com/2010/11/harry-potter-fakta-unik-menarik.html

11 comments :

  1. tambahin fakta tentang tumbuhan di dusir yang ada di dunia nyata dong :D

    ReplyDelete
  2. APA HUBUNGAN HARRY POTTER & THE LORD OF THE RINGS?
    Sebenarnya tidak ada hubungan banget sih antara JK Rawling dengan JRR Tolkien. Hanya saja, jika Anda jeli menonton film Harry Potter and The Chamber of Secrets, maka Anda akan melihat kalau di Ruang Profesor Dumbledore terdapat lukisan Gandaft the Grey di jajaran koleksi lukisan Penyihir Terhebat sepanjang masa milik sang profesor.

    ITU KAREN PEMERAN GANDALF DAN DUMBLEDOR ADALAH ORANG YG SAMA,,, GITU AJA DI BAHAS
    ...

    ReplyDelete
  3. salah woy pemeran dumbledore di harry potter 2 itu richard harris

    ReplyDelete
  4. Wow!! Suka sama Harry Potter

    ReplyDelete
  5. I want jk rowlig make a next episode harry,because i love them all,harry potter movies make change my act,i love hp

    ReplyDelete
  6. HARRY POTTER TUKANG BERAK

    ReplyDelete

Jika anda ingin mengomentari postingan diatas atau pertanyaan dan request Fakta yang anda mau? Silahkan berikan komentar anda. Diharapkan tidak Mengandung unsur Pornografi maupun SARA.