Wednesday 8 February 2012

Postingan ini di REQUEST dari salah satu follower @SumpahFakta yang bernama @Prima_Atmaja

DIDIER DROGBA


* Lahir 11 Maret 1978 di Abidjan, Pantai Gading
Karir klub


 


* Drogba mengawali karirnya di klub divisi dua (Ligue 2) Prancis Le Mans.





* Tampil mengesankan pada musim 2002-03 ketika mencetak 17 gol dalam 34 pertandingan untuk klub Ligue 1, Guingamp.


* Pindah ke Olympique Marseille pada 2003 dan mencetak 18 gol dalam kompetisi liga ketika menolong timnya ke final Piala UEFA.


 


* Bergabung dengan Chelsea pada 2004 dengan bayaran 24 juta pound (35,81 juta dolar) dan memenangi gelar Liga serta Piala Liga pada musim pertama, mencetak gol pada penambahan waktu untuk kemenangan 3-2 atas Liverpool di final.


* Memenangi gelar Liga kedua kalinya pada musim selanjutnya ketika Chelsea menjadi tim kedua yang memenangi gelar kompetisi liga Inggris secara "head to head".





* Pada 2007, mencetak dua gol untuk kemenangan 2-1 Chelsea di final Piala Liga atas arsenal dan juara di Piala FA ketika tampil di stadion baru Wembledy melawan Manchester United.


* Pada final Liga Champions 2008, Drogba dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-117 karena bertengkar dengan pemain bertahan Manchester United Nemanja Vidic. Ia merupakan orang kedua yang mendapat kartu merah pada final Piala Eropa setelah penjaga gawang Arsenal Jens Lehmann pada 2006.


* Dihukum tidak boleh bertanding dalam enam kejuaraan Eropa setelah berseteru dengan wasit dan secara dramatis menyerbu kamera televisi sebagai reaksi atas eliminasi Chelsea oleh Barcelona pada semi final Liga Champions 2008/09.


* Mencetak gol pada final Piala FA 2009 ketika menang atas Everton.
Karir internasional


* Memenangi pertandingan internasional (cap) pertama pada 11 Februari 2002 melawan Afrika Selatan dan mencetak gol pertama pada 11 Februari 2003 melawan Kamerun ketika menang 3-0.


* Menjadi kapten Pantai Gading di final Piala Afrika pada 2006 ketika mereka kalah 2-4 lewat tendangan penalti atas Mesir setelah kedudukan 0-0 dan ketika itu tendangan Drogba dijinakkan penjaga gawang lawan.





* Terpilih sebagai pemain terbaik Afrika pada 2006 dengan mengalahkan Samuel Eto`o dengan suara 79 banding 74.


* Menolong negaranya dalam kampanye penyisihan Piala Dunia 2009, dengan mencetak lima gol ketika Pantai Gading tampil tidak terkalahkan.

0 komentar :

Post a Comment

Jika anda ingin mengomentari postingan diatas atau pertanyaan dan request Fakta yang anda mau? Silahkan berikan komentar anda. Diharapkan tidak Mengandung unsur Pornografi maupun SARA.