Friday, 14 December 2012


Setelah beberapa waktu lalu mengumumkan dirinya akan membuka akun Twitter, Paus Benediktus XVI akhirnya dengan khidmat meletakan jarinya ke perangkat tablet dan mencoba mengirimkan tweet pertamanya.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (12/12/2012), ‘kicauan’ pertama Paus disiarkan langsung di televisi Vatikan. Sayangnya, ketika mencoba mengetikkan tweet pertamanya, sempat terjadi kendala. Ya, Paus yang terbiasa menulis ceramahnya dengan tulisan tangan, tampak terlalu keras menekan permukaan layar tablet, sehingga tweet itu gagal terkirim.
Melihat Paus terlihat gugup, Uskup Agung Claudio Maria Celli dari Departemen Komunikasi Vatikan turut membantu. Akhirnya, Paus berhasil menorehkan tweet pertamanya yang berisi:
"Dear friends, I am pleased to get in touch with you through Twitter. Thank you for your generous response. I bless all of you from my heart.”

Saat ini Paus sebenarnya sudah memiliki delapan akun Twitter, seperti @Pontifex, sebagai akun utama berbahasa Inggris, sedangkan tujuh lainnya memiliki akhiran yang sesuai dengan bahasa tweet suatu negara, seperti @Pontifex_de untuk bahasa Jerman dan Pontifex_ar untuk bahasa Arab.
Selain bahasa di atas, saat ini tweet-tweet milik Paus baru tersedia dalam bahasa Spanyol, Italia, Portugis, Polandia, dan Perancis. Di masa mendatang, Paus juga akan membuat akun Twitter dengan bahasa lain, yang kemungkinan Indonesia berada di dalamnya.

Tak lama setelah Paus mengirimkan tweet pertamanya, akun @Pontifex langsung di-follow sebanyak 1,2 juta  akun. Dan, setelah seremoni peluncuran akun Twitter itu, Paus sempat memberikan jawaban pertama dari follower yang bertanya dengan hashtag #askpontifex.
Adapun pertanyaan itu adalah: “How can we celebrate the Year of Faith better in our daily lives?"
Pertanyaan itupun langsung dijawab dengan penuh bijaksana: “By speaking with Jesus in prayer, listening to what he tells you in the Gospel and looking for him in those in need.”

 Setelah ‘kicauan’ pertamanya itu, Paus akan secara rutin menyapa follower-nya yang diambil dari audiensi setiap misa mingguan. Namun, mengingat kesibukannya yang luar biasa, tentu saja ‘kicauan’ ke depan bukan dikirim langsung oleh dia, tetapi melalui tangan asisten yang dipercaya menangani akun-akun yang ada

 http://www.jeruknipis.com/read/2012/12/13/inilah-%E2%80%98kicauan%E2%80%99-pertama-paus-di-twitter

4 comments :

  1. PAUS udah mulai ngetweet ya......
    Request : Fakta Benny and Mice

    Jos998.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Mantap gan infox, request artikel tentang the book of enoch.

    ReplyDelete
  3. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete

Jika anda ingin mengomentari postingan diatas atau pertanyaan dan request Fakta yang anda mau? Silahkan berikan komentar anda. Diharapkan tidak Mengandung unsur Pornografi maupun SARA.