Tuesday, 24 June 2014


Proses pembuatan game memerlukan waktu yang tidak sebentar. Para developer atau pengembang harus melalui tahap-tahap yang rumit mulai dari alpha, beta, hingga akhirnya game tersebut mencapai versi final. Sebelum game yang sudah jadi itu dirilis, pihak publisher atau penerbit sebelumnya harus melakukan pengumuman atau pemberitahuan tentang keberadaan game tersebut. Pengumuman ini bertujuan untuk memperkenalkan sistem permainan, promosi, serta membangun antusiasme pemain dan juga media dengan harapan ketika game tersebut dirilis, penjualannya akan memuaskan. Namun tidak semua game yang sudah diumumkan dan cukup menarik perhatian publik berhasil dirilis dengan berbagai alasan tidak menjanjikan atau tidak sesuai ekspektasi pembuat. Seperti yang terjadi pada 6 game berikut yang akhirnya tidak pernah sampai ke konsumen:

1. Metroid Dread


Seri Metroid adalah game andalan Nintendo baik untuk sistem konsol maupun handheld-nya. Pada pertengahan 2005, isu tentang adanya Metroid Dread untuk Nintendo DS mulai merebak sebelum akhirnya diumumkan pada Februari 2006. Pada akhirnya, game yang direncanakan untuk rilis pada pada November 2006 tersebut tidak pernah muncul ke publik dan beritanya pun mulai menghilang.

2. Halo DS

Bagi pemilik konsol milik Microsoft, Xbox, Halo merupakan game wajib. Popularitas Halo di Xbox juga sempat mengundang rumor akan hadirnya Halo untuk handheld Nintendo DS. Beberapa demo mengenai gamenya sempat terlihat meskipun akhirnya Halo tidak pernah rilis untuk Nintendo DS. Banyak dugaan gagalnya Halo DS ini terkait masalah lisensi karena Microsoft, sebagai pemilik atas judul Halo, merupakan saingan Nintendo dalam hal konsol rumahan.

3. Sonic X-treme

Konsol Sega Saturn adalah platform yang akan dituju oleh Sonic X-treme sebelum akhirnya game tersebut dibatalkan. Sebelum dibatalkan karena gagal mencapai target untuk rilis November 1996, Sonic X-treme adalah judul Sonic pertama yang menggunakan 3D untuk Sega Saturn.

4. Socks the Cat Rocks the Hill

Tokoh utama dari game ini adalah Socks, kucing yang dipelihara oleh Presiden ke-42 Amerika Serikat, Bill Clinton, di White House. Ditutupnya cabang penerbit Kaneko di Amerika membuatnya hanya dirilis di Eropa. Game ini bercerita tentang Socks yang ingin memperingatkan Presiden tentang misil nuklir yang dicuri.

5. Dead Phoenix

Sama seperti Metroid Dread, Dead Phoenix memunculkan antusiasme yang besar mengingat bagaimana Capcom sebagai pengembang menampilkan presentasi yang menarik. Dikatakan sebagai third-person flight game, karakter utama dari game ini adalah manusia bersayap yang membawa senjata berupad pistol raksasa. Sayang, setelah gelaran ajang Electronic Entertainment Expo 2003, game ini tak lagi terdengar kabarnya.

6. Project H.A.M.M.E.R


Konsol Nintendo Wii dipenuhi oleh game-game adiktif dan seru, daftar game-game tersebut mungkin akan bertambah panjang seandainya Project H.A.M.M.E.R jadi dirilis. Sempat diberitakan bahwa game ini dibatalkan pada pertengahan 2007, Nintendo memberi konfirmasi bahwa pengembangannya masih berhenti. Namun sampai diluncurkannya konsol terbaru Nintendo, Wii U, Project H.A.M.M.E.R tidak pernah terdengar lagi kabarnya.


sumber

4 comments :

Jika anda ingin mengomentari postingan diatas atau pertanyaan dan request Fakta yang anda mau? Silahkan berikan komentar anda. Diharapkan tidak Mengandung unsur Pornografi maupun SARA.