Monday, 2 June 2014



10 Cara Memakai Sumpit Yang Benar - Orang Jepang memiliki aturan-aturan ketat dalam menggunakan sumpit (Ohashi).  Jika kamu makan dengan orang Jepang, mereka akan mengerti bahwa kamu tidak mengetahui etika dan aturan ala Jepang. Mereka mungkin akan memaafkan jika kamu melakukan beberapa kecerobohan besar. Memang agak ribet ya, tapi ga ada salahnya kan belajar budaya, aturan, dan etika memakai sumpit yang baik dan benar? Makan dengan sumpit adalah seni dan bahkan Jepang sendiri sering berjuang untuk bisa menggunakan sumpit dengan sempurna. Ada 10 aturan utama yang harus diikuti dalam menggunakan sumpit, diantaranya adalah:
1. Pegang sumpit dengan benar
manner_howto

Lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Ini adalah bagian yang benar-benar membutuhkan waktu yang lama untuk menguasainya. Perhatikan bagaimana orang lain melakukannya dan berlatih dengan sabar. Jika kamu benar-benar ingin belajar Anda harus berlatih sebanyak mungkin.
2. Jangan makan langsung dari piring lauk
table-chopstick-etiquette

Ketika kita makan dengan gaya Jepang, maka di tengah2 meja akan ada piring bersama yang berisi macam-macam lauk pauk. Jangan mengambil lauk kemudian langsung memasukkannya ke mulut, tapi setelah mengambil lauk di piring bersama, letakkan dulu di atas piringmu, baru boleh dimakan.
3. Gunakan alas sumpit
Banyak restoran Jepang yang memberikan alas sumpit. Kalau kamu sedang tidak menggunakannya, taruh pada alas sumpit. Sumpit tidak boleh ditancapkan di nasi karena hal ini menyerupai upacara yang dilakukan di pemakaman di Jepang.
4. Jangan menusuk makanan dengan sumpit
P1040339
  
Jangan menggunakan sumpit untuk menusuk makanan yang akan kita makan. Hal ini dianggap serakah (sashi bashi).
5. Jangan menggali
japanese-food-japan-hokkaido2
Ambillah makanan dari bagian teratas. Jangan menggali di piring atau mangkok seperti sedang mencari sesuatu.
6. Jangan menjilat

Jangan menjilat ujung sumpit. (Neburi bashi)
7. Hati-hati memberikan makanan kepada orang lain
chopsticknono1

Jangan pernah berbagi makanan dengan lewat dari sumpit karena ini menyerupai kebiasaan di pemakaman Jepang ketika tulang dikremasi saat upacara pemakaman dan tulang - tulang tersebut dipindahkan ke guci. Ini mungkin adalah hal yang paling tabu yang dilakukan di meja makan Jepang.
8. Sumpit bukan mainan
11521922-man-holding-a-glass-of-water-while-woman-is-holding-chopsticks
Jangan menunjuk dengan sumpit Anda ketika berbicara atau memegang sumpit untuk waktu yang lama tanpa makan. Jangan pernah menggosok sumpit bersama-sama berulang-ulang karena itu merupakan tanda bahwa kamu berpikir sumpit itu murah.
9. Jangan meletakkan sumpit dalam keadaan tertumpuk menyilang (Seperti huruf X)
chopsticks

Posisi sumpit seperti ini juga mengingatkan orang Jepang pada upacara pemakaman.
10. Jangan gunakan sumpit untuk mengaduk sup
kiraibashi06

Walaupun sup miso yang tersaji di mejamu kurang rata dan perlu diaduk, jangan gunakan sumpitmu untuk melakukannya.
Secara umum aturan yang paling penting adalah jangan lakukan hal-hal yang bisa mengingatkan orang-orang dengan prosesi pemakaman Jepang.  Aturan menggunakan sumpit memang menantang bagi semua orang dan bahkan orang-orang Jepang sendiri jarang yang mahir menggunakan sumpit dengan baik dan benar. Yak mungkin kedengarannya agak menyusahkan ya bagi kita, ya tapi begitulah Jepang. Mereka juga menjunjung tinggi sopan santun saat berada di meja makan. Buat yang mau makan di restaurant Jepang mungkin postingan ini akan sangat berguna bagi kalian.


sumber: http://j-cul.com/10-aturan-memakai-sumpit-dengan-baik-dan-benar/

2 comments :

Jika anda ingin mengomentari postingan diatas atau pertanyaan dan request Fakta yang anda mau? Silahkan berikan komentar anda. Diharapkan tidak Mengandung unsur Pornografi maupun SARA.