Sunday, 9 November 2014

Nasi padang, mendengar namanya saja orang sudah bisa membayangkan bagaimana kelezatan dari makanan yang tersedia itu, namun dibalik kelezatannya ada fakta menarik yang tersimpan di sana. Berikut kami akan menyampaikan fakta tentang nasi padang.



1. Kenapa Nasi Padang Jika Dibungkus Nasi Nya Lebih Banyak

   Ternyata pertanyaan sederhana seperti ini mempunyai jawaban yang menarik. Melihat sejarah kebelakang, Saat zaman belanda yang dapat menikmati masakan padang di rumah makan padang hanyalah dari kalangan elite saja, seperti orang kaya, saudagar dan kompeni belanda. Nah oleh sebab itu  karna pemilik rumah makan padang ingin orang-orang pribumi tetap dapat menikmati nasi padang maka diakali dengan cara dibungkus dan porsi nasi nya lebih banyak agar bisa berbagi dengan yang lainnya. 

Dulunya rumah makan padang dikenal dengan rumah makan Ampera. yang berarti Amanat Penderitaan Rakyat. dan harga nya lebih murah rumah makan biasanya. jadi rumah makan padang yang sekarang mengikuti tradisi jaman dahulu.

Versi lain juga menyebutkan hal ini disebabkan karna biaya pelayanan, jadi kalo makan ditempat diberikan pelayanan. Sedangkan kalo dibungkus nasi nya lebih banyak dibandingkan makan ditempat. 

Ataupun dikarenakan biaya sabun cuci dan upah memcuci piring, jadi sebagai ucapan terimakasih nasi yang dibungkus akan diberikan lebih banyak karna gak mengotori piring


2. Lebih enak dimakan pake tangan



   Walaupun disediakan sendok dan garpu di meja makan, tapi tentu saja akan lebih nikmat menyantap hidangan nasi padang menggunakan tangan. Karna kuah dan bumbu yang nempel ditangan itu lebih nikmat ketika kita menjilat tangan kita setelah selesai menyantap nasi padang. Walaupun makan nasi padang menggunakan tangan akan meninggalkan aroma nasi padang yang akan sulit hilang jika hanya dibilas dengan air.


3. Terdapat dimana-mana


   Meskipuin namanya rumah makan padang, tapi nasi padang dapat ditemukan di berbagai tempat di nusantara, bahkan hingga ke negara lain seperti di Belanda, amerika serikat dan negara eropa lainnya.
Dan ternyata walaupun nasi padang ada di mana-mana anda tidak akan bisa menemukan rumah makan padang di sumatera barat. Karna rumah makan disana tidak menggunakan tambahan kata padang di rumah makannya.


4. Foto kakek berkopiah hitam



Foto kakek berkopiah hitam atau dikenal dengan foto Ungku Saliah sering dijumpai di beberapa tempat rumah makan padang. Dia terpajang rapi di dinding rumah makan atau restoran tersebut. Jika menjumpai foto Ungku Saliah di beberapa tempat rumah makan padang, maka dapat dipastikan bahwa pemilik rumah makan padang itu berasal dari Pariaman, Sumatera Barat. Orang Minang, khususnya orang Pariaman beranggapan bahwa Ungku Saliah adalah orang keramat. Memajang fotonya bagi sebagian orang akan mendatangkan rezeki. Sementara sebagian lagi hanya sebagai identitas asal mereka. Ada juga yang ikut-ikutan tanpa tahu awalnya.  

9 comments :

  1. menarik nih infornya, apalagi yg dibungkus bawa ke rumah, baru tau saya,

    ReplyDelete
  2. Dukung tim sepak bola jagoan anda, bermain bersama kami, banyak bonus menarik dan cashback hingga jutaan rupiah.

    Untuk info lebih jelasnya silahkan hubungi kami di:
    Ym: cs1_skorbet99@yahoo.com; cs2_skorbet99@yahoo.com; cs3_skorbet99@yahoo.com

    Pin bb: 2A84CB8A
    Line id: skorbet99
    Sms: +66929391685

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  3. ternyata fakta2nya sangat menarik sekali ya gan , terimakasih ..

    ReplyDelete
  4. wah, saya baru tahu lho fakta dari nasi padang..terimakasih informasinya gan

    ReplyDelete
  5. Klo masalah lebih banyak di bungkus di banding makan di tempat itu emang udah kesepakatan para pengusaha warung padang gan, mereka udh ngaku sendiri hehehe

    Download/Watch 10 Cloverfield Lane (2016)
    Watch movie HD

    ReplyDelete
  6. Ayo Daftar Sekarang Juga Hanya Di http://www.SAYANG77.COM
    Min Deposit & Withdraw : Rp. 20.000
    Bonus NEW MEMBER Rp15.000 Daftar di sini
    Bonus Turover 0.3%
    Bonus Refferal 15% seumur Hidup
    hanya ada di SAYANG77.COM
    AGEN POKER ONLINE
    Poker Online Indonesia

    ReplyDelete

Jika anda ingin mengomentari postingan diatas atau pertanyaan dan request Fakta yang anda mau? Silahkan berikan komentar anda. Diharapkan tidak Mengandung unsur Pornografi maupun SARA.