Wednesday, 14 December 2011





1. Reverse
Media ini juga konon katanya dijadikan sebagai alat untuk membantu proses interograsi seseorang, dengan memaksanya terus menerus mendengar suara ini dalam volume maksimal. Katanya, seseorang yang mendengarkan ini secara kontinyu dan dalam waktu lama, bisa berakibat fatal. Mulai dari berhalusinasi,
sampai menjadi gila. Komposisi dari media ini hanyalah jeritan-jeritan nggak jelas, yang kadang kita menebak-nebak seperti suara kelelawar, terkadang seperti kuntilanak kejepit beduk, anak kecil 
cekikikan, pokoknya macem-macem. Intinya suara itu memiliki gelombang yang sangat amat tinggi. Pada beberapa bagian, memperdengarkan suara perempuan-perempuan yang bersenandung, semakin lama semakin klimaks, hingga akhirnya kembali lagi pada suara semula, yakni gelombang tinggi.
Bagi yang penasaran silahkan di cek






2. Gloomy Sunday
Pernahkah kamu mendengar lagu yang bisa membuat seseorang yang mendengarnya jadi ingin bunuh diri? Yah, mungkin kurang lebih mirip seperti lagu Tinggal Kenangan-nya Gabby. Tapi yang ini jauh lebih terkenal dan sudah banyak memakan korban, lagu itu adalah Gloomy Sunday, karangan Lazlo Javor, seorang penyair Hungaria.


Begini ceritanya, di tahun 1935, Lazzlo Javor menulis sebuah lagu yang berjudul Gloomy Sunday. Lagu tersebut kemudian dijadikan irama musik oleh Rezsoe Seres dan rekaman lagu itu langsung meledak. Lagu itu dikarang Lazzlo untuk kekasihnya. Tetapi, kejadian buruk yang tidak diperkirakan terjadi, kekasih Lazzlo Javor mencabut nyawanya tidak lama setelah peluncuran lagu tersebut. Dan di surat berisi niat bunuh diri itu berbunyi, Gloomy Sunday.


Beberapa waktu kemudian, seorang pegawai negeri Hongaria bunuh diri dengan menembak dirinya. Mayatnya ditemukan dalam posisi menelungkup di atas kopi lirik lagu Gloomy Sunday.


Selanjutnya, seorang gadis berupaya meracuni dirinya. Ketika kepergok, lagu Gloomy Sunday masih mengalun di alat musik dalam ruangan itu.


Ada sebuah kisah lagi yang terjadi di sebuah restoran di Budapest. Seorang pemuda menembak dirinya ketika band musik di restoran itu baru saja memainkan lagu Gloomy Sunday.


Ketika tahu lagu tersebut sudah memakan banyak korban, ditambah lagi situasi yang semakin tak terkendali, pemerintah Hongaria kemudian melarang pemutaran lagu itu di tempat umum. Walau begitu, ketenaran lagu Gloomy Sunday sudah menyebar ke negara lain, dan tentunya juga menambah banyak korban. Di Inggris, lagu itu kemudian dilarang diputar BBC (British Broadcasting Channel) karena terjadi bunuh diri lagi. Beberapa tindakan bunuh diri juga dilaporkan kemudian di Amerika Serikat, namun pemerintah Amerika Serikat tidak melarang pemutaran lagu itu di negaranya.


Kalau dihitung, secara keseluruhan terjadi 200 upaya bunuh diri di seluruh dunia yang berkaitan dengan Gloomy Sunday. Di tahun 1968, pengubah Gloomy Sunday menjadi musik yang bernama Rezsoe Seres, melompat bunuh diri dari lantai delapan di sebuah bangunan. Dan akhirnya, dia tidak berhasil menulis lagu laris lainnya setelah Gloomy Sunday!




3. Asereje
Maraknya berita yang menyatakan bahwa lagu hit Asereje yang dinyanyikan 
oleh Las Ketchup, sebagai lagu penyembahan setan perlu kami sampaikan 
bahwa berita itu tidaklah benar alias hanya rumor. Sony Music selaku 
perusahaan rekaman yang merilis album tersebut secara jelas menekankan 
bahwa kata-kata dalam lagu tersebut tidak ada sama sekali unsur 
penyembahan. Dan kalaupun ditemukan kata-kata yang tidak ada artinya, 
seperti yang bisa dilihat pada bagian reffrain, hal itu lebih didasarkan
kepada pilihan kata yang enak untuk dinyanyikan sesuai dengan rhythm 
lagu.


Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah terjemahan lagu Asereje dari Las Ketchup.


Friday night it's party time
Feeling ready looking fine
Viene diego rumbeando (Diego comes dancing rumba)
With the magic in his eyes
Checking every girl in sight
Grooving like he does the mambo
He's the man alli en la disco (He's the man there in the disco)
Playing secy feeling hotter
He's the king bailando et ritmo ragatanga (He's the king dancing to the
rhythm of the ragatanga)
And the DJ that he knows well
On the spot always around twelve
Plays the mix that diego mezcla can la salsa (Diego mixes with salsa)
Y la baila and he dances y la canta (And he dances with her and he
dances and he sings to her)

Chorus [NO MEANING]
Asereje ja de je de jebe tu de jebere seibiunouva
Majavi an de bugui an de buididipi
Asereje ja de je de jebe tu de jebere seibiunouva
Majavi an de bugui an de buididipi
emang rada aneh si kata2 nya
May think it's brujeria (witchcraft)
How he comes and disappears
Every move will hypnotize you
some will call it chuleria [NO MEANING]
Others say that it's the real
Rastafari afrogitano [NO MEANING]

He's the man alli en la disco (there in the disco)
Playing sexy feeling hotter
He's the king bailando et ritmo ragatanga (dancing to the rhythm of the
ragatanga)
And the DJ that he knows well
On the spot always around twelve
Plays the mix that diego mezcla can la salsa (Diego mixes with salsa)
Y la baila and he dances y la canta (And he dances with her and he
dances and he sings to her)



Lirik lagu Asereje ini sebenarnya amatlah sederhana dan seperti lirik- 
lirik lagu pop lainnya. Bercerita tentang seorang pemuda bernama Diego 
yang digambarkan berpenampilan menarik sehingga banyak wanita tertarik 
akan pesonanya. Diego adalah gambaran anak muda gaul masa kini yang 
senang pergi clubbing/ dugem dari satu tempat ke tempat lainnya. Jadi 
Diego disini sama sekali bukanlah kode panggilan untuk setan seperti 
yang 
diisukan.


Dalam bahasa apalagi lirik lagu, dimana tidak ditulis dengan panjang 
lebar, tentu bisa saja artinya bermacam-macam tergantung bagaimana kita 
mentafsirkan. Misalnya "With the magic in his eyes" arti sebenarnya 
adalah dengan pesona yang ada pada matanya. Jadi magic ini sama sekali 
bukan ilmu hitam.


Isu tentang lagu yang dihubung-hubungkan dengan pemujaan setan 
sebenarnya bukanlah hal yang pertama kali. Ada beberapa lagu international yang terkenal di beberapa waktu yang lalupun sempat diisukan hal yang sama.


Jadi semua itu berpulang kepada kita sendiri apakah kita mau termakan 
isu yang tidak terbukti kebenarannya atau tidak ambil pusing dengan isu 
tersebut dan menikmati lagu dan tarinya yang memang sangat menghibur.


Yang pasti, merebaknya rumor diatas sama sekali tidak mempengaruhi 
penjualan album Las Ketchup. Bahkan jauh sebelum rumor tersebut beredar,


lagu Asereje ini telah bertengger di puncak tangga lagu di radio-radio dan penjualan albumnya telah mencapai 300 ribu kopi sejak dirilis pada bulan Oktober 2002.


jadi menurut ane sih wajar ada isu2 seperti itu , ya emang waktu itu tahun 2000an(2002 ya) lagu ini rilis udah banyak hasil kopiannya ,cos isu itu(lirik memuja setan) cuma mau menurunkan hasil jumlah dari penjualan lagu tsb oleh oknum2 yg tidak bertanggung jawab , mungkin kira - kira begitu ya 





4. Umbrella
Perhatikan kata-kata yang terdapat pada lirik lagu tersebut yang dinyanyikan oleh Jay-Z. Perhatikan kata storm (badai), rain (hujan), clouds (awan), anehnya hal itu bertempatan dengan hujan deras di Inggris dan Irlandia di saat lagu itu menempati urutan teratas di negara tersebut. Bahkan, tabloid disana memperkirakan kejadian tersebut sebagai kutukan Rihanna. Tabloid itu mensinyalir lagu umbrella membawa pengaruh buruk bagi negara mereka


Sebelum lagu itu dirilis pada tanggal 14 Mei 2007, temperatur cuaca kota London dan Atena cukup tinggi, bahkan mencapai dua puluh derajat celcius. Bagaimanapun sehari sebelum dirilis, beberapa keadaan cuaca di beberapa tempat menjadi headline berita. Banyak pemabaca tabloid The Sun yang meminta agar urutan tangga lagu umbrella diturunkan. Menariknya, setelah lagu itu melorot dari peringkat satu, cuaca malah membaik.


Ini cuplikan lagunya


It's raining
Ooh baby it's raining
Baby come into me
Come into me
It's raining
Oh baby it's raining 

Situasi serupa juga terjadi di Selandia Baru, di mana lagu papan atas tersebut menjadi hits nomor satu di awal musim dingin 2007. Anehnya situasi itu adalah yang terburuk yang pernah dialami oleh negara tersebut. 


Selama kondisi itu terjadi, Kota Taranaki, Tauranga, dan Auckland mengalami badai tornado dan banjir. Anehnnya, ketika lagu itu merosot posisinya, di berbagai kota itu cuaca kembali membaik.


Lalu apa sih rahasia yang kita temukan lebih lanjut dalam lirik tersebut? Perhatikan lirik di bawah ini:


When the clouds come we gone, we Rocafella
We fly higher than weather

Perhatikan terdapat kata Rocafella di dalam baris lirik tersebut. Rocafella adalah keluarga Rockefeller yang menjadi penyokong terbesar kelompok (partai) Dajjal. Konon, Davidd Rocefeller adalah seorang anggota illuminatitingkat tingg dengan sejumlah kemampuan yang unik-unik.


Kita lanjutkan lagi dengan lirik berikutnya:


When the sun shines, we'll shine together
Told you I'll be here forever
Said I'll always be a friend
Took an oath I'ma stick it out till the end
Now that it's raining more than ever
Know that we'll still have each other
You can stand under my umbrella



Kalimat When the sun shines, we'll shine together menyiratkan kata sun adalah Dewa Ra atau Dewa Matahari, sementara kalimat we'll shine together menyiratkan makna keunggulannya ketika bergabung antara Ra dan Horus yang menjadi Ra-Horakty.


Lalu lagu itu dilanjutkan dengan kalimat,


Said I'll always be a friend
Took an oath I'ma stick it out till the end



Kalimat ini yang artinya aku telah mengatakan akan selalu menjadi temanmu (Duhai Pemimpinku) dan aku menyatakan sumpah (Took an oath) bahwa aku akan selalu bersatu tanpa perpisahan sampai akhir, tak lain dan tak bukan adalah pernyataan dan sumpah setia Rihanna terhadap Umbrella (payung). Umbrella disini bersifat alegoris yakni Dajjal yang mencurahkan hujan yang membentuk segitiga sebagaimana lambang masonik sehingga membentuk payung. Ini adalah sesuatu yang dipuja, baik oleh Jay-Z maupun Rockefeller.





5. Hotel California
Pasti kita hapal atau paling tidak pernah dengar lagu legendaris dari The Eagles ini. Lagu yang meledak pada Mei 1977, memuncaki chart Billboard Hot 100 selama seminggu. Lagu ini juga menduduki peringkat 49 dari The 500 Greatest Song of All Time oleh majalah Rolling Stones. Part solo gitarnya pun menduduki peringkat 8 Top 100 Guitar Solos oleh Guitar Magazine. Albumnya yang bertitel sama telah terjual sebanyak 16 juta kopi sejak perilisannya. Tak diragukan lagi, lagu ini memang legendaris. 
ini adalah cerita tentang si lakon yang lagi dalam perjalanan, kemudian capek dan mampir di “Hotel California”. Dari sini mulai muncul kejadian aneh dan seterusnya dan seterusnya. Tapi tahukah anda bahwa lirik lagu ini juga secara kontroversial dinterpretasikan tentang Church of Satan dari Anton LaVey. 
Ini alasannya:


* The Eagles merupakan anagram dari “gales (of) heet” yang berarti winds of hell.


* Pada tahun 1969 sebuah hotel di California Street, San Francisco dialihfungsikan menjadi church of satan oleh Anton LaVey. 







6. Stairway To Heaven
Kalian semua pasti kenal yang namanya Led Zeppelin? tapi apakah kalian juga tahu kalau Led Zeppelin itu selain sebuah band yang penuh intrik, misteri dan banyak kontroversi ternyata juga sebuah band jenius di jamannya, jikalau fakta yang akan dipaparkan di bawah ini adalah benar – benar direncanakan, kita harus akui Led Zeppelin adalah yang terjenius sepanjang masa.
sepenggal bait di lagunya yang berjudul Stairway to Heaven ternyata menyisakan sebuah misteri yang penuh kontroversi, ya bila kita gunakan sebuah software pengedit audio dan kita putar di bagian lirik “aneh” (di bagian reffrain)tersebut dengan efek reverse maka lirik tersebut akan memiliki makna dan arti yang berbeda dari sebenarnya.
bagaimana mungkin di era musik masih analog (jaman Led Zeppelin belum kenal era digital) bahkan bisa dibilang “kuno” mereka mampu menciptakan dua arti lirik yang berbeda bila didengarkan normal dan dengan efek reverse yang bahkan hampir tidak ada di jamannya. kalaupun itu suatu kebetulan berarti itu kebetulan yang fenomenal, tapi kalau itu terencanakan maka Led Zeppelinlah yang menyimpan misteri itu sampai “surganya” sendiri.
Pada bait normalnya :
if there’s a bustle in your hedgerow
don’t be alarmed now
It’s just a spring clean for the May Queen
Yes there are two paths you can go by
but in the long run
there’s still time to change the road you’re on

jika diputar reverse :
oh here’s to my sweet Satan
the one whose little paths would make me sad
whose power is Satan
he’ll give you give you 666
there was a little toolshed
where he made us suffer
sad Satan








7. Requiem For Tower
Lagu ini dikatakan pernah membuat seseorang membunuh banyak orang, salah satu korban yang masih hidup mengatakan bahwa pelaku menembaki puluhan orang dengan mempergunakan Head-set dan dengan wajah yang datar. Sungguh suatu hal yang berada diluar nalar manusia, mungkinkah lagu "Requiem For A Tower" penyebab tragedi tersebut ?




sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?p=560620707

61 comments :

  1. wow.. serem.. ini berita baru kan? hehe..

    ReplyDelete
  2. arti dari lirik lagu stairway to heaven tuh apa yahh..?

    ReplyDelete
  3. Sebaiknya tidak mengatakan 'isu yang tidak terbukti kebenarannya' berkaitan dengan pemujaan setan / illuminati.. Coba aja liat MV Rihanna S & M, amati background dan tulisan wartawannya maka akan terlihat 'rihanna the princess of illuminati'.. Jangan hanya menikmati, namun harus mengerti makna agar tidak terjerumus dan lebih hati-hati :)

    ReplyDelete
  4. Saya Pernah Dengar Lagu Hotel Clifornia Gak Ada Apa-Apa KoK

    ReplyDelete
  5. biasa aja kyak nya smua,
    kbtulan aja yg dngerin nya bnak mslh n pikiran,
    kbtulan jg syair lagu nya enak d dngar,trgantung k inginan..

    ReplyDelete
  6. kepala ane pusing denger 2 lagu paling atas.

    ReplyDelete
  7. Gw dengerin requiem of tower kaga nafsu bunuh orang tuh...

    ReplyDelete
  8. gw juga gan dger requiem of tower gak ngebunuh siapa-siapa

    ReplyDelete
  9. Tetap aja jadi misteri yg menarik :D

    ReplyDelete
  10. masih enak lingsir wengi om, lebih syahduuu..

    ReplyDelete
  11. Kalau sy bilang, jangan terlalu tersugesti. Dengarkan lagu itu seakan tdk pernah membaca posting ini. :)

    ReplyDelete
  12. Kalau sy bilang, jangan terlalu tersugesti. Dengarkan lagu itu seakan tdk pernah membaca posting ini. :)

    ReplyDelete
  13. Ah...itu kan hanya isu, faktanya mistik di barat itu tidak sekuat dengan mistik di Nusantara seperti misalnya Jawa, Kalimantan (Dayak) dll. Kita penghuni Nusantara tidak perlu heran, karena kita bisa dikatakan ibarat tinggal di pusat badainya dunia mistik. Yang jauh dan jauh lebih mengerikan semuanya ada di Nusantara kita ini.

    ReplyDelete
  14. Tambahan: Tapi untuk adanya unsur pemujaan setan harus diwaspadai karena dapat mencelakakan kita di Akherat kelak.

    ReplyDelete
  15. gw udah denger lagu gloomy sunday bikin pusing¤_¤

    ReplyDelete
  16. Saya berterimakasih sekali, karna saya sedang mencari tahu tentang lagu umbrelela, yang ternyata benar mengandung hubungan dengan dajjal, mata satu, yang ditegaskan oleh nabi muhammad sebagai musuh islam.

    ReplyDelete
  17. lagu stairway to heaven serem sih

    ReplyDelete
  18. Umbrella udah ga d raguin lg, maaf ye, jay z kn emangg aliranny muja setan. Hmm cba deh cek lagu lady gaga bnyk jg tuhh. Liat MV ny jg bnyk simbol2 yg gambarinny

    ReplyDelete
  19. cuma pnya 1 kepercayaan dan keyakinan Allah swt ..

    ReplyDelete
  20. walaupun lagu-lagu nya nyeremin tapi enak ko d denger.a

    ReplyDelete
  21. Hubungan setan dan manusia serta sang pencipta itu suddah terjalin sejak awal terciptanya segala mahluk, jadi kita harus lebih membiasakan dengan itu semua ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Gloomy Sunday" (Minggu Yang Suram)

      Minggu ini suram
      Waktunya ku tak tertidur
      Dengan bayangan tercinta
      Ku hidup dan tak terhitung jumlahnya

      Dengan bunga putih kecil ini
      Tidak akan menyadarkan kamu,
      Tidak juga dengan sejarah kelam
      Tentang kesedihan yang telah membawa kamu

      Malaikat tidakan memberi hati
      Karna kamu takkan pernah kembali
      Dia akan murka jika aku
      Ingin kembali dengan kamu

      “Minggu yang suram”

      “Minggu yang suram”
      Dengan bayangan
      Saya menghabiskan semuanya
      Hati saya dan saya telah memutuskan
      Untuk mengakhiri semuanya

      Segera akan ada lilin dan doa
      Hanya itu yang aku tahu
      Biarkan mereka tidak menangis
      Biarkan mereka tahu
      Bahwa aku pergi dengan tenang

      Kematian adalah hanya mimpi
      Dalam kematian aku membelai Anda
      Dengan napas terakhir di jiwaku
      Aku akan mendoakan kamu

      “Minggu yang suram”

      Mimpi, aku hanya bermimpi
      Aku terbangun dan menemukan
      Kamu tertidur jauh dalam dalam hatiku
      Sayangku

      Sayang, saya berharap
      Mimpiku tak pernah menghantui kamu
      Jika hati saya memberitahu kamu
      Betapa aku menginginkan kau

      “Minggu yang suram”

      Delete
  22. kalau menurut aku sih lebih serem dengerin lagu'' kanen band kali ya, apalagi sambil ngelihat tuh vokalis pasti tambah serem,, wkwkwkwkw peace :D

    ReplyDelete
  23. Anonim cupuuuuuuuu,,,pake copas segala..

    ReplyDelete
  24. jujur guw denger lagu ini satu satu g ngerasa apa", apa lagi ngedenger Requiem For Tower gg ada rasa buat ngebunuh orng, mngkin dosisnye kurang kali :D

    ReplyDelete
  25. hotel california itu lagu favorit saya, ena kok lagunya

    ReplyDelete
  26. Mungkin pendengaar nya kbanyakaan ngayal tu....
    mpe bunuh diri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin hatinya udh emang bener" hancur makanya dia larut dalam lagu itu dan terbawa suasana makanya yg abis denger itu langsung bunuh diri #cuma menurut aku kaka >.<

      Delete
  27. Alahhh...
    Ane dngerin lagu tuu smua og nggk mati2.
    Truss nggk bkal minat tuu ama sie mata satu.
    stidaknya emng sihh prnah membunuh itu pun tk sngaja...
    Hbiss ayamnya nyelonong aj sie nggk tengok-tengok.
    akhirnya kelindes dh :P

    ReplyDelete

  28. Gak ada apa2 tuh setelah dengerin lagu media reverse sma lagu gloomy sunday ny... tpi gk menutup kemungkinan orang yg lagi depresi ngedengerin ny.. bisa jadi tu.. agak2 merinding emg lagu ny..

    ReplyDelete
  29. di indonesia pernah tuh kyak gitu,tentang penyembahan terhadap dajjal si mata satu. Dengan dalangnya si ahmad dhani

    ReplyDelete
  30. Gak serem coey..
    Sekali² denger musik keroncong dong biar tahu nikmatnya...

    ReplyDelete
  31. Doh! Baru ngedengerin reverse 1 detik udh gw banting ni hp.. Serem sih,, tapi daripada ngedengerin lagu itu2, mendingan dengerin lagunya josh groban - you raise me up, sambil ngeliatin foto org yg kita sayang tapi jauh dari kita. Dijamin nangis brooohh

    ReplyDelete
  32. Reverse udah ane dengerin kmrn, cuma rada pusing.. Dengerinnya pake headset, jadi gelombang tingginya yg bikin pusing..
    Gloomy sunday enak tuh buat nemenin tidur..
    Nah kalo requiem for a dream.. Ini lagu emang bisa naikin semangat.. Ane dengerin lagu ini kalo mau lari sore muterin setu gintung yg dulu jebol... :D

    ReplyDelete
  33. stelah dengerin requiem for a tower jadi pingin bunuh nyamuk.....wkwkwkwk
    trust me it works.....

    ReplyDelete
  34. Pada gila semua.. Bodoo amat dengar semua tuh lagu, jangan nantang maut :D

    ReplyDelete
  35. Lagu stairway to heaven sama lagu hotel California lagu favorit saya

    ReplyDelete
  36. stairway to heaven emang sereem sih lagu nya, terbawa suasana dibuatnya..
    pernah juga sih aku merinding ntah kenapa pas denger stairway to heaven..
    Dan lirik Hotel California, sampe sekarang aku gak ngerti arti liriknya gimana..
    Musik enak lah, tapi liriknya aneh.
    Kamu bisa datang kapan saja dan tidak akan bisa kembali..
    wow. seraamm!

    ReplyDelete
  37. Lagu Stair away to heaven enak banget gilla!!

    ReplyDelete
  38. Mau ngasih info untuk kata diego( Saya dapat dari web lain) di gerja setan itu semacam nama kode untuk setan

    ReplyDelete
  39. Gua sering dengerin requim of tower pake head shet tpi gk ada respawn apapun

    ReplyDelete
  40. Gw udh pernah reverse udh Muter 10 Kali lebih efek nya pusing pengang di kuping (lumayan congek rontok) klo Gloomy Sunday udh muter 5 kali blom di ketahui efeknya

    ReplyDelete
  41. Lagu hotel california itu lagu ke suka an ane. Pernah saya dengar lagu reverse gak evek dan juga glommy sunday kita harus yakin kepada allah. Yang penting lagu hotel california enak di dengar

    ReplyDelete
  42. the brotherhood of massonry :)

    ReplyDelete
  43. ngawur -.- roc-a-fella itu emng label musik titisan jay-z. die yang ngebangun mngingat rap itu musik yg membanggakn komunitas jadi inti lirik dia "label kita tetap diatas". dan musik itu sebenarnya cukup subjektif. kalo kita salahkan senimannya coba ketahui sejarah dia dulu banding bandingin sama lagu lain. kalian coba lah dengerin lagu jay-z - D'evils dimana dia cerita ttg perjuangannya nghadapi hidup lwan iluminati. dia kepercayaannya itu monotheism yaitu percaya Tuhan itu ya cuma satu ngga peduli Tuhan dari agama apa aj pkonya Tuhan itu ya satu. jadi jangan simpulkan satu lagu untuk seluruh karyanya tapi simpulkan semua karya untuk satu lagu. slamat tahun baru..

    ReplyDelete

Jika anda ingin mengomentari postingan diatas atau pertanyaan dan request Fakta yang anda mau? Silahkan berikan komentar anda. Diharapkan tidak Mengandung unsur Pornografi maupun SARA.